Pages

Selasa, 05 Juli 2011

Minum kopi secara teratur ternyata mempunyai efek yang baik bagi kesehatan

Bagi anda para penggemar kopi ada kabar yang menggembirakan. Jika anda selama ini khawatir akan pengaruh buruk kopi bagi kesehatan, anda bisa sejenak melupakannya
Sebuah riset tentang hubungan antara konsumsi kopi dengan kematian, yang melibatkan 41,736 laki-laki dan 86,214 wanita patut anda simak. Riset ini dimuat dalam Annals Journal of Internal Medicine tahun 2008. Para responden tersebut diketahui tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah atau kanker sebelum riset dimulai. Riset ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi kopi dengan kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (PJP), kanker, dan sebab-sebab lainnya. Follow up dilaksanakan selama 18 tahun untuk responden laki-laki dan 24 tahun untuk responden wanita.
Hasil yang didapatkan cukup mengejutkan mengingat responden yang mengkonsumsi kopi secara teratur ternyata mempunyai resiko relatif sedikit lebih rendah terhadap kematian akibat PJP, kanker dan sebab lainnya; dibandingkan dengan responden yang mengkonsumsi kurang dari 1 cangkir perbulan. Hasil ini diperkirakan terjadi akibat penurunan secara moderat resiko kematian akibat PJP, dan hal ini tidak tergantung dari kafein. Maksudnya adalah penurunan resiko kematian akibat PJP tersebut bukan disebabkan oleh kafein, melainkan zat-zat lain yang terkandung di dalam kopi seperti phenol dan antioksidan. Hal ini didukung data bahwa responden yang mengkonsumsi kopi non kafein pun merasakan manfaat yang sama. Penurunan resiko ini diduga akibat adanya efek antiinflamasi pada pembuluh darah.
Namun yang perlu diperhatikan dari hasil riset sebelumnya bahwa minum terlalu banyak kopi (>6 cangkir sehari) dapat meningkatkan resiko terkena PJP. Mengkonsumsi kopi secara regular dalam jumlah yang cukup (tidak lebih dari 2 cangkir perhari) mungkin bermanfaat bagi kesehatan karena dapat merangsang syaraf, meningkatkan kesigapan mental, dan tentu saja dapat mengurangi resiko penyakit jantung, terutama bagi wanita dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 25%.
Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengklarifikasi hal ini, dan tentu saja hal ini hanya berlaku bagi anda-anda yang sehat dan tidak mempunyai penyakit tekanan darah tinggi. Jadi, secangkir kopi setiap pagi selain nikmat ternyata juga menyehatkan bukan?

0 komentar:

Posting Komentar