Pages

Selasa, 12 Juli 2011

Apa itu GPS

Selama 3 hari ini (16 – 18 Jan) saya telah mengikuti training mengenai projek DGNSS (Differential Global Navigation Satellite System) di Jabatan Laut Malaysia, yang dimana projek ini adalah untuk navigasi kapal-kapal laut yang berada di pelabuhan-pelabuhan utama Malaysia, dan saya terlibat didalam projek tersebut. Training ini diberikan oleh staf dari GMV, suatu perusahaan Spanyol yang bergerak didalam bidang teknologi angkasa, banking, defense & security, Telecommunication, Transportaion, etc. ATSB (perusahaan tempat saya bekerja) dan GMV adalah partner untuk projek ini.


Dan sekarang saya ingin membagi ilmu yang baru saya dapat tersebut, tetapi untuk posting kali ini lebih kepada sistem GPS. Seperti yang kita ketahui GPS adalah ‘Global Positioning System’, yang dimana ia adalah suatu sistem navigasi yang berdasarkan satelit dan dikembangkan oleh DoD (Department of Defense) nya Amerika. GPS dapat memberikan posisi dari suatu lokasi user dimanapun di bumi ini.

Untuk dapat menerapkan sistem GPS ini maka ianya terbagi kepada 3 segmen, yaitu:
User Segment

Yang termasuk kedalam segmen ini adalah user yang menggunakan GPS receiver. GPS Receiver sendiri terdiri atas berbagai teknologi dan aplikasi yang berbeda-beda. GPS receiver inilah yang akan mengkalkulasikan posisi dari sesuatu bend/orang/apapun yang kita cari, dan akurasi ketepatannya sekitar 10m.

2. Space Segment

Nah inilah bagian yang terpenting, yaitu bagian yang terdiri dari 24 satelit. Satelit-satelit tersebut terletak pada ketinggian 20200 km, yaitu pada altitude orbit. Dan kenapa terletak demikian jauh? itu merupakan jarak yang tepat kalau memperhitungkan dari segi matematika, gangguan atmosfer, dan jangkauan wilayah satelit tersebut di bumi.

GPS satelit tadi (24 buah tersebut) adalah milik US, kalau milik Rusia namanya GLONASS (ada 24 satelit), dan ada juga yang bernama GALILEO (satelit milik eropa). Selain daripada GPS, kedua kumpulan satelit lainnya jarang digunakan (atau belum) karena agak sukar untuk mengoperasikan dan menjaganya.

3. Control Segment

Yang dimaksud dengan ‘control segment’ ini adalah stasiun kontrol di bumi. Dan ia berfungsi untuk memantau posisi dari satelit-satelit tersebut.

Aplikasi GPS

Aplikasi GPS dapat dibagi kepada 5 kategori, yaitu:
Aplikasi untuk di darat (Land Applications)
Aplikasi untuk di laut (Marine Applications)
Aplikasi untuk militer (Military Applications)
Aplikasi untuk di udara (Air Applications)
Aplikasi ringan (Recreation Application)

Keunggulan menggunakan GPS:
GPS adalah suatu sistem yang murah.
Keakurasian dari GPS sangat baik
Sinyal untuk GPS adalah gratis
Dan koordinat yang dihasilkan oleh GPS dapat digunakan ke sistem yang lain atau sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar